KONSEP
PERMINTAAN
NAMA :
SUSIATI MULI
KELAS/SEMESTER :
A/II
TUGAS :
MATEMATIKA EKONOMI
JURUSAN
MATEMATIKA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
DAYANU IKHSANUDDIN
2016
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kita
panjatkan kehadirat tuhan yang maha esa karena dengan rahmat, karunia, serta
hidayahnya saya dapat menyelesaikan makalah “konsep permintaan” ini sebatas pengetahuan dan kemampuan yang saya
miliki.
Saya berharap makalah
ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita, saya
menyadari sepenuhnya di dalam tugas ini terdapat kekurangan dan jauh dari apa
yang saya harapkan, untuk itu saya berharap adanya kritik,saran dan usulan yang
membangun demi kesempurnaan makalah ini dan demi perbaikan di masa yang akan
datang menginggat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
Demikianlah makalah ini
saya buat dan terima kasih.
BauBau, 7 mei 2016
SUSIATI MULI
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR.................................................................................. i
DAFTAR
ISI................................................................................................ ii
BAB
I PENDAHULUAN............................................................................ 1
1.1 latar
belakang............................................................................................ 1
1.2 rumusan
masalah....................................................................................... 1
1.3 tujuan........................................................................................................ 1
BAB
II PEMBAHASAN............................................................................. 2
2.1 pengertian permintaan.............................................................................. 2
2.2 fungsi permintaan..................................................................................... 2
2.3 faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan......................................... 3
2.4 macam-macam permintaan....................................................................... 4
2.5 hukum permintaan.................................................................................... 4
2.6 kurva permintaan...................................................................................... 5
BAB
III PENUTUP..................................................................................... 8
3.1 kesimpulan................................................................................................ 8
3.2 kesimpulan................................................................................................ 8
DAFTAR
PUSTAKA.................................................................................. 9
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 latar belakang
Permintaan uang memegang peranan penting kebijakan
moneter di setiap perekonomian. banyak literature yang telah memuat aspek
teoritis maupun empiris tentang permintaan uang di Negara yang sudah maju
maupun Negara yang sedang berkembang. tidak dapat dipungkiri bahwa kebijakan
moneter telah banyak mencapai tujuan ekonomi . pesatnya perkembangan ekonomi
dunia dewasa ini berimplikasi pada eratnya hubungan satu Negara dengan Negara
yang lain. arus globalisasi ekonomi di tandai dengan semakin menipisnya batasan
geografis dari kegiatan ekonomi secara nasional, regional dan semakin
terintegrasi menjadi satu proses yang melibatkan banyak Negara. karakteristik
perekonomian yang di anut suatu Negara akan mempengaruhi prinsip perekonomian
dan perdagangan Negara.
1.2 rumusan masalah
· pengertian
permintaan?
· menjelaskan
fungsi permintaan?
· apa
saja factor-faktor yang mempengaruhi permintaan?
· apa
saja macam-macam permintaan?
· menjelaskan
hukum permintaan?
· menjelaskan
kurva permintaan?
1.3 tujuan
Ø agar
mengetahui pengertian permintaan
Ø agar
mengetahui fungsi permintaan
Ø agar
mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi permintaan
Ø agar
mengetahui macam-macam permintaan
Ø agar
mengetahui hukum permintaan
Ø agar
mengetahui kurva permintaan
BAB
II PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Permintaan
Permintaan adalah
jumlah barang dan jasa yang di inginkan dan di sertai kemampuan konsumen untuk
membeli pada tingkat harga dan waktu. permintaan individu atau perorangan
adalah permintaan setiap orang terhadap suatu barang yang berkaitan dengan
konsep permintaan adalah jumlah barang yang diminta adalah jumlah yang di
inginkan. hal tersebut menunjukan banyaknya barang yang ingin di beli konumen
berdasarkan harga barang, pendapatan dan selera serta kemampuan untuk membeli.
2.2
Fungsi Permintaan
Fungsi permintaan di
artikan sebagai fungsi yang menunjukan hubungan dengan variable harga (p)
dengan variable jumlah barang (Q) yang di minta. fungsi permintaan mengikuti
hukum permintaan yaitu apabila harga suatu barang naik maka permintaan barang
menurun dan apabila harga barang turun maka permintaan barang meningkat.
berdasarkan hukum permintaan dapat disimpulkan hubungan antara harga dan jumlah
barang yang di minta memiliki hubungan yang terbaik. hubungan harga barang da
jumlah barang yang di minta adalah negative atau berbanding terbalik. cara
mengerjakan fungsi permintaan yaitu dengan rumus sebagai berikut:
Q-QI = P-P1
Q2-Q1 P2-P1
CONTOHNYA:
Pada harga baju Rp. 20.000 per lembarnya baju
sebanyak 10 lembar akan tetapi pada saat harga baju naik/meningkat mencapai Rp.
25.000 per lembar permintaan baju tersebut menjadi 8 lembar. carilah fungsi
permintaan?
diketahui:
P1= Rp. 20.000
P2= Rp.25.000
Q1=10
Q2=8
Dengan mengunakan rumus langsung masukkan angka ke
dalam rumus:
Q-10 =
P-20.000
8-10 =
25.000-20.000
Q = -2
Setelah menemukan hasil dari pengurangan tersebut
maka selanjutnya dikali/perkalian silang yaitu:
(Q-5000)X5000 =(P-20000)X(-2)
5000Q-25000000 =(-2P)+40000
setelah itu angka bersama variable Q terpisah
menjadi:
5000Q =-2P+(40000+25000000)
5000Q =-2P+25040000
Q =-2P+25040000
Q =-0,001P+112520
2.3
faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
factor yang
mempengaruhi permintaan yaitu: harga,pendapatan,harga barang lain,selera,dan
ekspektasi akan terjadinya perubahan harga.
a. harga
harga barang akan mempengaruhi
seseorang dalam membeli suatu barang. jika harga suatu barang mengalami
kenaikan, orang tersebut akan mengurangi jumlah barang yang di minta dan orang
tersebut akan menambah jumlah barang yang di minta jika harga barang turun.
b. pendapatan
pendapatan seseorang dapat
mempengaruhi permintaan terhadap suatu barang. jika pendapatan seseorang
meningkat jumlah barang yang di minta orang tersebut juga bertambah dan begitu
pula sebaliknya.
c. selera
selera seseorang dapat mempengaruhi
permintaan konsumen terhadap suatu barang. harga barang di turunkan jika konsumen
tidak memiliki selera untuk menggunakan barang dan tidak terjadi permintaan
terhadap barang begitu pula sebaliknya.
2.4 macam-macam permintaan
a.
permintaan tidak elastis sempurna
perubahan harga tidak mempengaruhi jumlah ang di
minta. dengan demikian kurvanya berbentuk vertical. kurva berbentuk vertical
berarti bahwa berapa pun harga yang di tawarkan, kuitansi barang/jasa tetap
tidak berubah. contohnya yaitu lahan perkebunan (meskipun harganya naik terus
menerus akan tetapi kualitas yang tersedia tetap berbatas)
b.
permintaan elastis sempurna
elastis tidak terhingga. pada suatu harga pasar
sanggup membeli semua barang yang ada di pasar. akan tetapi kenaikan harga sedikit saja akan
menjatuhkan permintaaan menjadi 0. dengan demikian kurva berbentuk horizontal.
contohnya barang dan jasa yang bersifat
komoditi yaitu yang memiliki karakteristik dan fungsi sama meskipun di
jual ke tempat yang berbeda atau di produksi oleh produsen yang berbeda.
2.5
hukum permintaan
apabila harga suatu barang dan jasa meningkat,
jumlah barang yang di minta akan menurun dan apabila harga suatu barang dan
jasa menurun jumlah barang yang di minta akan meningkat. contohnya: ongkos naik
bentor yang turun untuk jalur yang ada di kota baubau menyebapkan peminta
bentor meningkat. seseorang yang akan
naik ojek online karena pertimbangan kenyamanan dan keselamatan serta ongkos
naik bentor yang murah memutuskan untuk naik bentor.
2.6
kurva permintaan
kurva permintaan dapat di definisikan sebagai: suatu
kurva yang mengambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang tertentu
dengan jumlah barang tersebut yang di minta para pembeli”. kurva permintaan
berbagai jenis barang pada umumnya menurun dari kiri ke bawah. kurva yang
demikian di sebabkan oleh sifat hubungan antara harga dan jumlah yang di minta
yang mempunyai sifat hubungan terbalik.
P D keterangan: p
= harga Q
= jumlah barang D
= permintaan Q 


contoh:
|
Titik
|
Harga Jeruk
|
Jumlah barang
yang di minta
|
|
A
|
Rp.4.500
|
140 kg
|
|
B
|
Rp.4.750
|
120 kg
|
|
C
|
Rp.5.000
|
100 kg
|
|
D
|
Rp.5.250
|
80 kg
|
|
E
|
Rp.5.500
|
60 kg
|
|
F
|
Rp.5.750
|
40 kg
|
|
G
|
Rp6.000
|
20 kg
|
table di atas mengambarkan bahwa kurva permintaan
memiliki kemiringan (slope) negative atau bergerak dari kiri ke atas kanan
bawah. artinya apabila jeruk turun jumlah yang di minta bertambah atau
sebaliknya.
kurva permintaan menunjukan hubungan antara harga
suatu produk dengan kualitas yang di minta. permintaan ber-slope negative
terhadap harga. dengan kata lain, ketika harga naik permintaan akan menurun,
dan ketika harga turun permintaan akan naik.
beberapa factor yang dapat mempengaruhi pergeseran
kurva permintaan:
a. Rata-rata
pendapatan konsumen. apabila pendapatan naik, setiap orang akan cenderung
mengonsumsi lebih atau membeli lebih banyak barang meskipun harga barang tidak
berubah.
b. ukuran
pasar. kota yang populasinya lebih besar cenderung akan membeli lebih banyak
dari pada kota yang populasinya kecil.
c. harga
dan ketersediaan produk-produk yang berkaitan. salah satunya yang penting
adalah produk substitusi. misalkan saja, permintaan akan mobil berukuran sedang
akan rendah apabila harga mobil berukuran kecil murah.
d. selera.
berbagai perbedaan sejarah dan budaya akan mempengaruhi selera konsumen. produk
tertentu mungkin laku di suaatu wilayah, namun tidak di wilayah lainnya.
misalnya saja, daging kerbau tidak akan laku di india karena tabu untuk di
konsumsi. perbedaan ini juga dapat berupa kebutuhan psikologi tertentu, pakaian
dan makanan khas daerah, rokok, mobil mewah, dan lain sebagainya.
e. pengaruh-pengaruh
khusus. misalnya saja, permintaan produk dekorasi natal menjelang perayaan
natal, baju renang menjelang musim panas, paying menjelang musim hujan dan
transportasi public ketika harga parker/bensin sangat mahal.
BAB
III PENUTUP
3.1
kesimpulan
permintaan mengukur
seberapa banyak permintaan barang dan jasa brubah ketika harganya berubah.
permintaan di tunjukkan dalam bentuk
persentasi perubahan kualitas yang di minta sebagai akibat dari 1% perubahan
harga. setiap perubahan harga akan menimbulkan perubahan ada yang menimbulkan
kualitas yang besar tetapi ada perubahan kualitas kecil.
3.2
saran
permintaan menciptakan
keseimbangan harga pasar, keseimbangan jumlah barang yang di minta konsumen
sama dengan jumlah yang di tawarkan produsen. keseimbangan pasar bisa tercapai
apabila kurva permintaan berpotong dan titik potong tersebut disebut titik
keseimbangan.
DAFTAR
PUSTAKA
Daniel,moehar.2004.pengantar
ekonomi pertanian.jakarta:bumi aksara.
Hanafie,Rita.2010.Pengantar
ekonomi pertanian.jogjakarta:penerbit andi.
sudarsono,1990.pengantar
ekonomi mikro.jakarta.
sukirno,2003.pengantar
dasar mikro ekonomi(edisi tiga).pt raja grafindo persada.jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar