Sabtu, 16 Juli 2016

KONSEP PERMINTAAN



KONSEP PERMINTAAN




NAMA                        : SUSIATI MULI
KELAS/SEMESTER : A/II                                      
TUGAS                       : MATEMATIKA EKONOMI




JURUSAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS DAYANU IKHSANUDDIN
2016


KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat tuhan yang maha esa karena dengan rahmat, karunia, serta hidayahnya saya dapat menyelesaikan makalah “konsep permintaan” ini sebatas pengetahuan dan kemampuan yang saya miliki.
Saya berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita, saya menyadari sepenuhnya di dalam tugas ini terdapat kekurangan dan jauh dari apa yang saya harapkan, untuk itu saya berharap adanya kritik,saran dan usulan yang membangun demi kesempurnaan makalah ini dan demi perbaikan di masa yang akan datang menginggat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
Demikianlah makalah ini saya buat dan terima kasih.


BauBau, 7 mei 2016


SUSIATI MULI










DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.................................................................................. i
DAFTAR ISI................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................ 1
1.1  latar belakang............................................................................................ 1
1.2  rumusan masalah....................................................................................... 1
1.3  tujuan........................................................................................................ 1

BAB II PEMBAHASAN............................................................................. 2
2.1 pengertian permintaan.............................................................................. 2
2.2 fungsi permintaan..................................................................................... 2
2.3 faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan......................................... 3
2.4 macam-macam permintaan....................................................................... 4
2.5 hukum permintaan.................................................................................... 4
2.6 kurva permintaan...................................................................................... 5

BAB III PENUTUP..................................................................................... 8
3.1 kesimpulan................................................................................................ 8
3.2 kesimpulan................................................................................................ 8

DAFTAR PUSTAKA.................................................................................. 9










BAB I PENDAHULUAN

1.1  latar belakang

Permintaan uang memegang peranan penting kebijakan moneter di setiap perekonomian. banyak literature yang telah memuat aspek teoritis maupun empiris tentang permintaan uang di Negara yang sudah maju maupun Negara yang sedang berkembang. tidak dapat dipungkiri bahwa kebijakan moneter telah banyak mencapai tujuan ekonomi . pesatnya perkembangan ekonomi dunia dewasa ini berimplikasi pada eratnya hubungan satu Negara dengan Negara yang lain. arus globalisasi ekonomi di tandai dengan semakin menipisnya batasan geografis dari kegiatan ekonomi secara nasional, regional dan semakin terintegrasi menjadi satu proses yang melibatkan banyak Negara. karakteristik perekonomian yang di anut suatu Negara akan mempengaruhi prinsip perekonomian dan perdagangan Negara.

1.2  rumusan masalah

·       pengertian permintaan?
·       menjelaskan fungsi permintaan?
·       apa saja factor-faktor yang mempengaruhi permintaan?
·       apa saja macam-macam permintaan?
·       menjelaskan hukum permintaan?
·       menjelaskan kurva permintaan?

1.3  tujuan

Ø agar mengetahui pengertian permintaan
Ø agar mengetahui fungsi permintaan
Ø agar mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi permintaan
Ø agar mengetahui macam-macam permintaan
Ø agar mengetahui hukum permintaan
Ø agar mengetahui kurva permintaan





BAB II PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Permintaan
Permintaan adalah jumlah barang dan jasa yang di inginkan dan di sertai kemampuan konsumen untuk membeli pada tingkat harga dan waktu. permintaan individu atau perorangan adalah permintaan setiap orang terhadap suatu barang yang berkaitan dengan konsep permintaan adalah jumlah barang yang diminta adalah jumlah yang di inginkan. hal tersebut menunjukan banyaknya barang yang ingin di beli konumen berdasarkan harga barang, pendapatan dan selera serta kemampuan untuk membeli.
2.2 Fungsi Permintaan
Fungsi permintaan di artikan sebagai fungsi yang menunjukan hubungan dengan variable harga (p) dengan variable jumlah barang (Q) yang di minta. fungsi permintaan mengikuti hukum permintaan yaitu apabila harga suatu barang naik maka permintaan barang menurun dan apabila harga barang turun maka permintaan barang meningkat. berdasarkan hukum permintaan dapat disimpulkan hubungan antara harga dan jumlah barang yang di minta memiliki hubungan yang terbaik. hubungan harga barang da jumlah barang yang di minta adalah negative atau berbanding terbalik. cara mengerjakan fungsi permintaan yaitu dengan rumus sebagai berikut:
Q-QI   = P-P1
Q2-Q1                P2-P1
CONTOHNYA:
Pada  harga baju Rp. 20.000 per lembarnya baju sebanyak 10 lembar akan tetapi pada saat harga baju naik/meningkat mencapai Rp. 25.000 per lembar permintaan baju tersebut menjadi 8 lembar. carilah fungsi permintaan?
diketahui:
P1= Rp. 20.000
P2= Rp.25.000
Q1=10
Q2=8
Dengan mengunakan rumus langsung masukkan angka ke dalam rumus:
Q-10    = P-20.000
8-10     = 25.000-20.000
Q         = -2
Setelah menemukan hasil dari pengurangan tersebut maka selanjutnya dikali/perkalian silang yaitu:
(Q-5000)X5000                      =(P-20000)X(-2)
5000Q-25000000        =(-2P)+40000
setelah itu angka bersama variable Q terpisah menjadi:
5000Q =-2P+(40000+25000000)
5000Q =-2P+25040000
Q         =-2P+25040000
Q         =-0,001P+112520
2.3 faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
factor yang mempengaruhi permintaan yaitu: harga,pendapatan,harga barang lain,selera,dan ekspektasi akan terjadinya perubahan harga.
a.       harga
harga barang akan mempengaruhi seseorang dalam membeli suatu barang. jika harga suatu barang mengalami kenaikan, orang tersebut akan mengurangi jumlah barang yang di minta dan orang tersebut akan menambah jumlah barang yang di minta jika harga barang turun.
b.      pendapatan
pendapatan seseorang dapat mempengaruhi permintaan terhadap suatu barang. jika pendapatan seseorang meningkat jumlah barang yang di minta orang tersebut juga bertambah dan begitu pula sebaliknya.
c.       selera
selera seseorang dapat mempengaruhi permintaan konsumen terhadap suatu barang. harga barang di turunkan jika konsumen tidak memiliki selera untuk menggunakan barang dan tidak terjadi permintaan terhadap barang begitu pula sebaliknya.




2.4 macam-macam permintaan
a. permintaan tidak elastis sempurna
perubahan harga tidak mempengaruhi jumlah ang di minta. dengan demikian kurvanya berbentuk vertical. kurva berbentuk vertical berarti bahwa berapa pun harga yang di tawarkan, kuitansi barang/jasa tetap tidak berubah. contohnya yaitu lahan perkebunan (meskipun harganya naik terus menerus akan tetapi kualitas yang tersedia tetap berbatas)

b. permintaan elastis sempurna
elastis tidak terhingga. pada suatu harga pasar sanggup membeli semua barang yang ada di pasar. akan  tetapi kenaikan harga sedikit saja akan menjatuhkan permintaaan menjadi 0. dengan demikian kurva berbentuk horizontal. contohnya barang dan jasa yang bersifat  komoditi yaitu yang memiliki karakteristik dan fungsi sama meskipun di jual ke tempat yang berbeda atau di produksi oleh produsen yang berbeda.

2.5 hukum permintaan
apabila harga suatu barang dan jasa meningkat, jumlah barang yang di minta akan menurun dan apabila harga suatu barang dan jasa menurun jumlah barang yang di minta akan meningkat. contohnya: ongkos naik bentor yang turun untuk jalur yang ada di kota baubau menyebapkan peminta bentor meningkat.  seseorang yang akan naik ojek online karena pertimbangan kenyamanan dan keselamatan serta ongkos naik bentor yang murah memutuskan untuk naik bentor.

2.6 kurva permintaan
kurva permintaan dapat di definisikan sebagai: suatu kurva yang mengambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang di minta para pembeli”. kurva permintaan berbagai jenis barang pada umumnya menurun dari kiri ke bawah. kurva yang demikian di sebabkan oleh sifat hubungan antara harga dan jumlah yang di minta yang mempunyai sifat hubungan terbalik.
                P                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  D                                             keterangan:                                                                                                                                                            p = harga                                                                                                                                             Q = jumlah barang                                                                                                                              D = permintaan                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   Q                                                                                                                                                                                                                                            
contoh:

Titik
Harga Jeruk
Jumlah barang yang di minta
A
Rp.4.500
140 kg
B
Rp.4.750
120 kg
C
Rp.5.000
100 kg
D
Rp.5.250
80 kg
E
Rp.5.500
60 kg
F
Rp.5.750
40 kg
G
Rp6.000
20 kg

table di atas mengambarkan bahwa kurva permintaan memiliki kemiringan (slope) negative atau bergerak dari kiri ke atas kanan bawah. artinya apabila jeruk turun jumlah yang di minta bertambah atau sebaliknya.
kurva permintaan menunjukan hubungan antara harga suatu produk dengan kualitas yang di minta. permintaan ber-slope negative terhadap harga. dengan kata lain, ketika harga naik permintaan akan menurun, dan ketika harga turun permintaan akan naik.

beberapa factor yang dapat mempengaruhi pergeseran kurva permintaan:
a.       Rata-rata pendapatan konsumen. apabila pendapatan naik, setiap orang akan cenderung mengonsumsi lebih atau membeli lebih banyak barang meskipun harga barang tidak berubah.
b.      ukuran pasar. kota yang populasinya lebih besar cenderung akan membeli lebih banyak dari pada kota yang populasinya kecil.
c.       harga dan ketersediaan produk-produk yang berkaitan. salah satunya yang penting adalah produk substitusi. misalkan saja, permintaan akan mobil berukuran sedang akan rendah apabila harga mobil berukuran kecil murah.
d.      selera. berbagai perbedaan sejarah dan budaya akan mempengaruhi selera konsumen. produk tertentu mungkin laku di suaatu wilayah, namun tidak di wilayah lainnya. misalnya saja, daging kerbau tidak akan laku di india karena tabu untuk di konsumsi. perbedaan ini juga dapat berupa kebutuhan psikologi tertentu, pakaian dan makanan khas daerah, rokok, mobil mewah, dan lain sebagainya.
e.       pengaruh-pengaruh khusus. misalnya saja, permintaan produk dekorasi natal menjelang perayaan natal, baju renang menjelang musim panas, paying menjelang musim hujan dan transportasi public ketika harga parker/bensin sangat mahal.





BAB III PENUTUP
3.1 kesimpulan
permintaan mengukur seberapa banyak permintaan barang dan jasa brubah ketika harganya berubah. permintaan  di tunjukkan dalam bentuk persentasi perubahan kualitas yang di minta sebagai akibat dari 1% perubahan harga. setiap perubahan harga akan menimbulkan perubahan ada yang menimbulkan kualitas yang besar tetapi ada perubahan kualitas kecil.
3.2 saran
permintaan menciptakan keseimbangan harga pasar, keseimbangan jumlah barang yang di minta konsumen sama dengan jumlah yang di tawarkan produsen. keseimbangan pasar bisa tercapai apabila kurva permintaan berpotong dan titik potong tersebut disebut titik keseimbangan.

















DAFTAR PUSTAKA
Daniel,moehar.2004.pengantar ekonomi pertanian.jakarta:bumi aksara.
Hanafie,Rita.2010.Pengantar ekonomi pertanian.jogjakarta:penerbit andi.
sudarsono,1990.pengantar ekonomi mikro.jakarta.
sukirno,2003.pengantar dasar mikro ekonomi(edisi tiga).pt raja grafindo persada.jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar